"Printer Ramah Lingkungan"


PRINTER merupakan alat pencetak tulisan ataupun gambar yang memiliki fungsi sebagai pencetak dokumen baik berupa gambar maupun tulisan. Media yang digunakan untuk mencetak adalah kertas. Seperti kita ketahui, pemakaian kertas di kantor-kantor sangatlah banyak dan sebagian lagi terbuang percuma jika tidak digunakan lagi. Hal itu berarti sebuah pemborosan.



Prepeat Printer dari Jepang merupakan sebuah printer yang dapat mencetak dokumen atau yang lainnya dengan menggunakan kertas ‘’khusus’’ yang bisa digunakan berulang-ulang, bahkan sampai 1.000 kali. Kertas ‘’khusus’’ yang digunakan pada Prepeat Printer ini bisa langsung digunakan kembali walaupun pada kertas tersebut masih terdapat tulisan.

Pada menu Printer tersebut, ada tombol Erase & Print yang berfungsi untuk langsung menghapus tulisan yang ada sebelumnya, dan sesudah itu langsung mencetak kembali dokumen yang baru. Bayangkan, ini berarti kita bisa menghemat uang untuk pembelian kertas yang cukup banyak.

Prepeat Printer juga tidak menggunakan catridge atau toner untuk tintanya. Yang digunakan adalah Sistem Thermal Head yang berarti kita sudah tidak perlu keluar uang untuk membeli tinta. Kertasnya merupakan kertas khusus yang menggunakan bahan plastic (heat-sensitive plastic sheets).

Sayangnya, produk ramah lingkungan ini dijual dengan harga yang cukup mahal untuk sebuah printer. Harga Prepeat Printer ini dijual 500.000 Yen atau hampir Rp 60 juta, dan harga satu kertas printer ‘’khusus’’ tersebut dijual dengan harga 300 Yen atau sekitar Rp 33.000 per lembar dan bisa digunakan sampai 1.000 kali. Yang harus diingat dengan sistem ini adalah, harus pandai memilah-milah mana dokumen penting yang harus kita simpan dan mana yang hanya bersifat sementara. (Mariana K-37)

Nitendo Wii, Sensasi Baru Bermain Game

SIAPA tidak kenal Nitendo? Nama game satu ini tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Jika dulu kita beranggapan Nitendo sebagai game yang kurang tren dibandingkan dengan pesaingnya (Playstation 3 dan xbox 360), maka tidak untuk game satu ini, Nintendo Wii. Nitendo Wii merupakan generasi game console terbaru dari Nitendo.

Wii adalah generasi kelima dari Nintendo. Inovasi utamanya adalah kontroler sensitivitas gerakan badan yang unik (Unique motion-sensitive controllers), disebut juga Wii Remote, teknologi ini dapat merespons letaknya dalam ruang fisik tiga dimensi yang berada di depan televisi serta menawarkan sensasi baru dalam bermain game.

Berbeda dari Xbox360 dan Playstation 3, Wii lebih menitikberatkan pada kenikmatan bermain daripada tampilan grafik beresolusi tinggi seperti yang dimiliki dua konsol tersebut. Wii mempunyai kompatibilitas dengan beberapa console lama Nintendo dan Sega, termasuk NES, SNES, Genesis, dan GameCube.

Kompatibilitas dengan GameCube dicapai dengan disediakan teknologi berupa slot bagi CD berukuran 8 cm seperti yang digunakan GameCube, sementara untuk yang console lainnya hal ini diperoleh melalui jasa Virtual Console yang merupakan salah satu fitur Wii. Melalui Virtual Console, pengguna Wii dapat membeli dan memainkan game-game lama dan dimainkan langsung di Wii.

Di Indonesia, ada dua pilihan Nintedo Wii buatan Japan dan buatan USA. Di pasarnya, Wii dari Japan lebih murah daripada yang dari USA, karena yang dari USA bisa kompatibel dengan semua games yang tersedia. Lain halnya dengan yang dari Japan, Wii dari Japan hanya kompatibel dengan beberapa game .

Singkat kata, Nintendo Wii sangat sulit ditolak. Secara teknologi, minimal mesin ini lebih canggih dibandingkan GameCube. Belum lagi inovasi permainannya dan harga yang lebih murah dari pesaingnya. Apakah semua game console membawa dampak buruk? Tergantung dari pemakai dan tujuan pemakaiannya. (Andre Yanuar-37)

Konsep Motor Listrik Perkotaan

SEBENTAR lagi akan digulirkan produk inovasi baru dari perusahaan otomotif besar di dunia. Honda baru saja mengumumkan akan memamerkan produk yang sangat revolusione,r yaitu kendaraan berkonsep listrik.
Alat transportasi produk dari Honda tersebut adalah 3R-C yang dirancang khusus untuk satu orang pemakai dengan rancangan yang sangat menarik dan berkonsep roda tiga, sehingga terlihat tidak seperti kendaraan motor. 3R-C studi ini diciptakan oleh desainer Eropa yang bekerja di Honda’s Research dan Desain fasilitas di Milan.

Selain bentuknya yang unik dan minimalis, konsep kendaraan Honda 3R-C menggunakan sistem paket baterai lithium ion dengan nol emisi, sehingga akan cocok untuk transportasi perkotaan.

3R-C ketika sedang diparkir atau tidak digunakan, memiliki kanopi yang mencukupi untuk pengemudi. Apabila 3R-C kendaraan bergerak, kanopi menjadi pelindung dari angin yang menyelubungi pengemudi dengan posisi duduk rendah pada kendaraan, serta terdapat pintu juga di sisinya, sehingga akan memberikan perlindungan pada tubuh pengemudi.

Masing-masing sisi di sebelah tempat duduk pengemudi dirancang cukup tinggi. Hal ini akan memberikan keamanan yang lebih besar juga kepada pengemudi dan meningkatkan perlindungan terhadap cuaca yang kurang baik. Sedangkan di depan pengemudi ada boot yang bisa digunakan untuk menyimpan tas.

Dengan konsep beroda tiga, baterai listrik drivetrain cukup rendah yang dipasang pada tiga roda itu saat melakukan chasis. Dengan konsep yang sama, Honda juga akan meluncurkan produk lain, yaitu mobile EV-N yang memiliki kemampuan untuk dapat menggabungkan dua kendaraan kecil menjadi satu. Mobile EV-N ini me-miliki panel surya yang letaknya di atap, sehingga dapat mengisi mobil ketika sedang diparkir.

0 Response to ""Printer Ramah Lingkungan""

Posting Komentar